Takut Bolong Ibadah Puasanya ? Yuk Tau Cara Untuk Menghindarinya!

Image result for meme puasa

Bulan Mei ini masyarakat Muslim di Indonesia tengah menjalani ibadah puasa selama 30 hari lamanya. Tentunya, selama menjalani ibadah ini, kaum muslim harus dapat menahan diri dari segala macam jenis godaan duniawi, contoh saja menahan diri untuk tidak makan dan juga minum.

Puasa juga dapat diartikan sebagai pengendalian diri. Namun begitu, nyatanya untuk menahan diri selama puasa ini tidak semudah yang kita kira. Sehingga, tidak sedikit pula kaum muslim yang puasanya menjadi bolong-bolong karena tidak dapat menahan dirinya.

Nah, itulah sebabnya kita harus bisa mengatahui beberapa cara agar kita dapat menjalani ibadah puasa tanpa ada hari bolongnya. Jadi, seperti apa sih sebenarnya caranya ?

1. Kurangi Bicara Yang Tidak Penting

Image result for gosip
Salah satu hal yang paling sering membuat kita batal puasanya adalah karena perkataan yang kita ucapkan. Ketika berpuasa, kita tidak boleh mengumpat dengan perkataan kasar. Jadi, semakin banyak kita berbicara, terutama bergosip ria, maka semakin besar pula peluang kita untuk mengatakan hal yang tidak baik. Jadi, ditahan dulu ya bicaranya!

2. Hindari Tempat Yang Panas

Suhu lingkungan yang tidak mendukung, terutama terlalu panas dapat menjadi salah satu penyebab seseorang merasa gerah sehingga tidak dapat menahan dirinya untuk minum air. Sehingga, sebisa mungkin tempatkanlah diri anda pada tempat yang terhindar dari tempat panas. Namun begitu, kita juga tidak bisa mempungkiri bahwa tidak semua orang dapat melakukan hal ini, terutama bagi mereka yang bekerja di lapangan.

3. Hentikan Bertindak Konyol

Bertindak konyol mungkin sudah menjadi salah satu sifat dasar dari sebagian orang. Tetapi, bertindak konyol kadangkala juga dapat menjadi penyebab anda kehilangan ibadah puasa anda pada hari itu. Sebagai contohnya anda bertindak konyol kepada teman anda, namun hasilnya anda malah membuat teman anda merasa terganggu atau tersinggung. Jadi. kurangilah melakukan hal seperti ini agar ibadah anda tetap lancar dan tidak ada hambatan.

4. Kurangi Melihat Gambar Yang Menggoda Batin

Image result for fastfood
Gambar-gambar yang menggoda batin juga memiliki pengaruh yang cukup tinggi bagaimana seorang kaum muslim kehilangan ibadah puasanya pada hari itu. Kadangkala, secara tidak sengaja kita melihat gambar makanan atau minuman yang sangat menggoda hati kita. Bila kita terbawa dengan gambar tersebut, maka hati kita akan berpikiran untuk segera berbuka. Jadi, sebisa mungkin jangan melihat terlalu lama yaa gambar-gambar makanan yang muncul di hadapan anda, terutama saat anda sedang membuka Facebook anda.

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui sehingga anda tetap menjaga ibadah puasa anda tanpa harus mengalami kebolongan. Jadi, selamat berjuang ya! Semoga ibadah puasanya dapat terisi penuh selama 30 hari tanpa mengalami kebolongan sama sekali!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemain AKB48 Ini Bosan Nyanyi, Jadi Bintang Film Panas

Menghilangkan Kotoran Hitam Pada Pantat